• PIDATO SOEKARNO

    "BERIKAN AKU SERIBU PEMUDA NISCAYA AKAN KU GUNCANGKAN DUNIA !" SALAH SATU KUTIPAN PIDATO YANG MELEGENDA DARI PRESIDEN PERTAMA KITA
  • BHINNEKA TUNGGAL IKA

    INDONESIA KAYA AKAN KEANEKARAGAMAN ADAT ISTIADAT, BUDAYA, DAN SUKU BANGSA
  • KEMERDEKAAN RI

    PADA TANGGAL 17 AGUSTUS 1945, INDONESIA MEMPROKLAMASIKAN DIRI SEBAGAI NEGARA BEBAS PENJAJAH
  • PANCASILA

    KE LIMA SILA INILAH YANG MENJADIKAN DASAR PANCASILA SEBAGAI JATI DIRI BANGSA INDONESIA

Tuesday, September 24, 2013

BHINNEKA TUNGGAL IKA

Leave a Comment
                 Bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat kaya. Kaya akan sumebr daya Alam, kaya akan adat istiadat, kaya akan suku bangsa, kaya akan budaya, dan kaya akan segalanya. Kekayaan inilah yang membuat keanekaragaman terbentuk di negara kita. Bhinneka Tunggal Ika, itulah semboyan untuk negara kita yang mempunyai beragam keanekaragaman, terutama keanekaragaman dalam suku bangsa. Terdapat  1.340 suku bangsa di negara kita ini ! Wow sungguh angka yang sangat fantastis. Bisa dibayangkan bagaimana kekayaan budaya dari tiap-tiap suku bangsa. Ini sungguh menjadi harta kekayaan tersendiri bagi bangsa. Bisa dibayangkan juga 1.340 suku bangsa bahu membahu membangun negara Republik Indonesia.
                
                Jika kita berpikir, seharusnya negara kita bisa menjadi negara yang maju dengan suku bangsa yang sangat banyak ini, trus kenapa negara kita masih tergolong negara yang berkemabang ? sunggguh pertanyaan yang memaksa memutar otak kita.
               
                  Hal ini dapat terjadi karena suku bangsa di negara kita belum sepenuhya bersatu.  Sebenarnya jika bersatu, maka kita mendapatkan jati diri bangsa sesungguhnya. Negara kita bisa mendapatkan nilai-nilai dasar untuk memajukan bangsa. Nilai dasar itu berupa adat istiadat dan nilai kearifan lokal. Nilai-nilai inilah yang dapat kita jadikan sumber untuk mengembangkan sains dan teknologi  di negara kita ini.  Seperti yang kita tahu negara kita terus berusaha untuk menjadi negara maju, tetapi masih saja hasilnya nihil. Ini dikarenakan para petinggi bangsa kita tidak mempunyai nilai dasar bangsa, tidak mempunyai jati diri bangsa yang bersumber dari tiap suku bangsa kita. Inilah yang menyebabkan terjadinya demo dimana-mana setiap petinggi negara memberikan kebijakan. Terjadi tidak penyatuan hati, penyatuan keinginan, dan penyatuan perasaan. Karena tiap suku bangsa memiliki nilai dasar yang berbeda. Jika tidak menyatukan dan tidak menahami tiap suku bangsa, Indonsia menjadi negara maju hanyalah mimpi belaka.
               
                   Kunci penyelesaian masalah ini cuma satu, yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Kita memang berbeda suku bangsa, tetapi kita harus tetap satu dalam membangun bangsa ini. Jangan jadikan semboyan ini menjadi mitos atau dongeng semata, tapi jadikanlah semboyan ini sebagai sumber bagi kita untuk membangun bangsa. Dengan Bhinneka Tunggal Ika kita dapat mendapatkan jati diri bangsa yang sesungguhnya. Dan  bukan tidak mungkin lagi jika teknologi dinegara kita akan berkembang jauh karena nilai-nilai dasar bangsa kita sudah kita peroleh.

              
                   Negara kita dalah negara yang besar, tetapi tidak cukup besar jika kita tidak memaksimalkan apa yang kita punya dalam negara ini. Indonesia sebagai negara maju adalah cita-cita bagi semua rakyat Indonesia. Maka marilah kita membangun bangsa kita ini dengan landasan “BHINNEKA TUNGGAL IKA”

0 comments:

Post a Comment