• PIDATO SOEKARNO

    "BERIKAN AKU SERIBU PEMUDA NISCAYA AKAN KU GUNCANGKAN DUNIA !" SALAH SATU KUTIPAN PIDATO YANG MELEGENDA DARI PRESIDEN PERTAMA KITA
  • BHINNEKA TUNGGAL IKA

    INDONESIA KAYA AKAN KEANEKARAGAMAN ADAT ISTIADAT, BUDAYA, DAN SUKU BANGSA
  • KEMERDEKAAN RI

    PADA TANGGAL 17 AGUSTUS 1945, INDONESIA MEMPROKLAMASIKAN DIRI SEBAGAI NEGARA BEBAS PENJAJAH
  • PANCASILA

    KE LIMA SILA INILAH YANG MENJADIKAN DASAR PANCASILA SEBAGAI JATI DIRI BANGSA INDONESIA

Tuesday, September 24, 2013

PANCASILA, SANG JATI DIRI BANGSA

Leave a Comment
               Tiap negara pasti memiliki jati diri masing-masing. Karena jati diri merupakan hal yang penting bagi suatu bangsa. dengan jati diri inilah yang membedakan suatu bangsa berbeda dengan bangsa lainnya. Jati diri inilah yang menjadi karakterisik dari suatu bangsa.
                
              Bangsa Indonesia sendiri mempunyai jati dirinya sendiri, yaitu Pancasila. Pancasila digunakan sebagai petunjuk arah semua semua kegiatan atau aktivitas hidup dan kehidupan dalam segala bidang. Dan masyarakat harus bisa memaknai makna dari pancasila, karena pancasila itu merupakan Jati Dirinya bangsa Indonesia itu sendiri. Yang mana di dalam pancasila memiliki lima sila yang didalam sila tersebut mempunyai makna yang sangat berarti dan bermanfaat. Kelima pancasila inilah yang menjadi dasar dijadikannya pancasila sebagai jati diri bangsa Indonesia.

                
              Kelima sila ini merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. tiap-tiap sila ini menjadi dasar bagi negara Indonesia untuk menjadi sebuah negara yang solid. Semua aturan-aturan dan tindakan harus berdasarkan atasa kelima sila. Dengan memiliki Pancasila sebagai jatidiri bangsa dan menerapkan secara konsisten, bangsa indonesia tidak akan mudah terombang-ambing oleh gejolak yang menerpanya. Ia memiliki harga diri, dan kepercayaan diri, sehingga tidak mudah tergiur oleh rayuan yang menyesatkan. Dari uraian tersebut jelas bahwa jatidiri sangat diperlukan bagi bangsa dalam mencapai sukses dalam membawa dirinya.

0 comments:

Post a Comment